Monday, September 3, 2007

Goya’s Ghost

Goya’s Ghost adalah salah satu film yang memenangkan Academy Award 2006. Kendati mengambil lokasi dan ditulis di Spanyol, film ini ditampilkan dengan menggunakan bahasa Inggris.
Film yang berlatarbelakang Spanyol tahun 1792 ini menampilkan cerita seorang pelukis istana yang bernama Fransisco Goya. Sebuah lukisan Goya mengusik lembaga Inkuisisi Spanyol. Lorenzo adalah orang yang dengan gigih membantunya, dia mengatakan bahwa karya Goya bukanlah iblis, melainkan sekedar menggambarkan iblis. Ia kemudian mengusulkan bahwa seharusnya memang Inkuisisi membasmi semua praktik anti-Katolik Roma. Menguatnya Inkusisi di Spanyol pada tahun-tahun itu disebabkan oleh antisipasi Gereja Katolik terhadap merebaknya semangat revolusioner Perancis. Lukisan kontroversial Goya sendiri menggambarkan seorang wanita muda yang bernama Inez (Natalie Portman), saudara perempuan Thomas Bilbatua (Jose Luis Gomez). Lembaga Inkuisisi kemudian memanggil Inez dan mendakwanya sebagai bid’ah dan melakukan praktik Yahudi. Dari sanalah tragedi dan bagaimana manusia bergulat untuk secercah kebebasan terjadi. Film dengan gendre drama ini menarik karena memotret sisi-sisi kehidupan yang penuh nuansa dan dalam detil yang mengagumkan.

1 comment:

reza said...

Goya's Ghost sangat menarik.menggambarkan kekuasaan gereja untuk menetukan salah atawa tidak,hanya dg menempatkan seseorang pada 'THE QUESTION'.so under the pressure and pain,we'll find an thrully absurd think (answer),and finally people will say What the truth is?
Find the ANSWER on this Film...