Monday, September 3, 2007

Freedom Writers

Film yang dibintangi oleh Hillary Swank, Scott Glenn, Imelda Stauton, dan Patrick Dempsey ini adalah film yang didasarkan kepada buku The Freedom Writers Diary yang disusun oleh seorang guru bernama Erin Gruwell. Film ini adalah kisah nyata yang dialami oleh sejumlah remaja California yang hidup dalam ancaman kerusuhan rasial setelah terjadinya kerusuhan di Los Angeles 1992.
Hillary Swank yang berperan sebagai guru bahasa Inggris Erin Gruwel terlibat di dalam upaya penyelesaian masalah rasisme yang begitu kental di kelasnya. Kelas yang dipimpin oleh Gruwel memang dihuni oleh murid-murid dengan latar belakang ras dan budaya yang sangat beragam. Tak heran, sentimen rasial setiap hari muncul di ruang kelas. Dengan menggunakan pendekatan simpatik, Gruwel memasuki dan mencoba memahami latar belakang murid-muridnya yang begitu sensitif dalam hal ras. Dia mencoba membandingkan antara karikatur seorang murid kulit hitam dengan bibir tebal dan karikatur yang dibuat oleh Nazi mengenai Yahudi yang berhidung besar.Gruwell memperkenalkan dan mengajak murid-muridnya untuk membaca buku The Diary of Anne Frank. Kemudian mereka melakukan perjalanan mengunjungi Museum of Tolerance di Los Angeles untuk memberi gambaran tentang bagaimana peristiwa rasial yang paling mengerikan pernah terjadi: Holocaust.

1 comment:

swidya717 said...

Film ini sangat menarik bagi mereka yang mencintai perubahan dan perdamaian. Sebuah perubahan diperlukan dalam rangka mengikis prasangka etnis, agama dan budaya. oleh karena itu diperlukan format pendidikan yang membebaskan dan memerdekakan. Sebagaimana yang telah dilakukan Romo Mangun dengan sekolahnya di Yogyakarta dengan format pendidikan hadap masalah.